Apa Saja Yang Terjadi Selama Tiga Trimester Kehamilan


trimester kehamilan

Apa saja yang terjadi selama tiga trimester kehamilan

Dalam sebuah proses kehamilan, ada tiga fase proses yang dialami oleh janin yang berdasarkan waktu nya dikenal  sebagai  trimester kehamilan. Proses kehamilan itu sendiri berlangsung sekitar 280 hari atau 40 minggu, dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir. Sedangkan usia janin sebenarnya adalah 38 minggu karena dihitung sejak tanggal konsepsi atau saat bersatunya sperma dengan embrio.

 

Trimester Kehamilan Pertama

Dalam ilmu kedokteran, masa kehamilan dibedakan menjadi 3 tahap sesuai dengan perkembangan fisik janin. Setiap tahap tersebut disebut dengan trimester kehamilan. Pada kehamilan trimester 1 yakni pada minggu 0 – 12. Pada tahap ini terdapat tiga periode yakni periode germinal, periode embrio, dan periode fetus. Trimester pertama dihitung sejak terjadinya pembuahan oleh sperma hingga semua organ penting janin tumbuh dan berkembang.

Trimester Kehamilan Kedua

Pada trimester kehamilan kedua terjadi pada minggu ke 12 hingga minggu ke 34. Pemeriksaan USG sudah bisa dilakukan untuk memeriksa kesempurnaan tubuh janin pada minggu ke 18. Ibu hamil dapat mengetahui posisi plasenta, dan bahkan untuk kemungkinan bayi kembar. Pada mingguk ke 20 sampai ke 21, jaringan kulit, rambut, dan kuku mulai berkembang.

 

Trimester Kehamilan Ketiga

Trimester kehamilan ketiga adalah minggu ke 24 hingga minggu ke 40. Pada tahap ini semua organ sudah tumbuh dengan sempurna dan berkembang. Bayi mulai menunjukkan aktivitasnya seberti menendang dan menonjok. Bayi sudah mengalami periode tidur dan bangun. Biasanya pada bulan ke 8 hingga ke 9, bayi sudah mulai mengambil posisi dengan kepala dibawah.

Comments are closed.

Post Navigation