Kebutuhan Gizi Ibu Hamil


 

Selama masa kehamilan, kebutuhan akan gizi yang baik penting untuk membantu Anda dan bayi anda berkembang sehat. Terutama kebutuhan zat besi dan asam folat meningkat pada masa ini. Pada saat Anda sedang hamil, menambah jumlah asupan makanan juga menjadi sebuah kebutuhan, meskipun demikian tetap harus terus memantau berat badan Anda. Pertambahan berat badan yang normal selama kehamilan adalah sekitar 10-13 kg untuk wanita dengan berat badan normal sebelum kehamilan.

Variasi makanan yang dikonsumsi ibu hamil umumnya sudah cukup mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun, wanita hamil mungkin perlu suplemen vitamin dan mineral tertentu sesuai yang disarankan oleh dokter kebidanan Anda. Jadi sangatlah penting untuk memilih berbagai macam makanan untuk memastikan terpenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi .

Berikut beberapa mineral yang diperlukan oleh ibu hamil :
1. Asam Folat, merupakan salah satu kelompok vitamin B. Kebutuhan asam folat meningkat secara substansial pada masa kehamilan, sehingga wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi tambahan asam folat setidaknya 400mcg setiap hari. Jumlah ini dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan kandungan asam folat maupun juga dari suplemen. Contoh makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi diantaranya : roti gandum, brokoli, bayam, buah jeruk, peterseli, kacang polong. Kecukupan asam folat selama masa kehamilan dapat mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti bibir sumbing, kelainan pembuluh darah, berat bayi lahir rendah, down syndrome hingga keguguran.

2. Zat besi. Kebutuhan zat besi pada masa kehamilan akan meningkat tajam mulai usia kandungan 4 bulan, hal ini seiring perkembangan janin yang sudah cukup besar sehingga menghisap zat besi dalam jumlah yang cukup besar dari ibu. Jumlah asupan zat besi harian yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 27mg per hari. Kekurangan zat besi pada ibu hamil pun akan memberikan akibat yang cukup fatal, diantaranya anemia defisiensi.

3. Yodium, adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi hormone tiroid, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Asupan yodium yang tidak mencukupi selama kehamilan, meningkatkan resiko gangguan mental dan kretinisme pada bayi baru lahir. Makanan yang merupakan sumber yodium yang baik termasuk makanan laut, telur, daging dan produk susu.

Hal yang perlu diperhatikan oleh wanita hamil dalam mengkonsumsi makanan adalah, bukan berarti perlu makan lebih banyak makanan selama kehamilan. Namun yang perlu diingat adalah wanita hamil perlu meningkatkan asupan gizinya daripada asupan kalori. Disamping itu kebersihan makanan juga perlu diperhatikanĀ  selama kehamilan.

 

 

Comments are closed.

Post Navigation