Mengetahui Perkembangan Janin Berdasarkan Usia Kehamilan

Mengetahui Perkembangan Janin Berdasarkan Usia Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa dimana seorang wanita membawa embrio di dalam tubuhnya. Sering kali ibu hamil tidak mengetahui berapa usia kehamilan nya saat ini. Hal ini terjadi karena si calon ibu tidak mengetahui secara pasti kapan pembuahan terjadi. Bila seorang wanita baru mengalami kehamilan untuk pertama kalinya, maka bila sudah mulai terjadi gerakan janin berarti usia kehamilan telah memasuki minggu ke 18-20. Sedangkan pada kehamilan kedua dan seterusnya, gerakan janin mulai terasa pada usia kehamilan 16-18 minggu.

Pada umumnya usia kehamilan seorang wanita terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 minggu dari pembuahan). Usia kehamilan dibagi menjadi tiga periode atau trisemester, masing-masing selama 13 minggu. Pada usia kehamilan trisemester pertama tubuh calon ibu mengalami banyak perubahan. Perubahan hormon mempengaruhi hampir semua sistem organ dalam tubuh wanita hamil. Perubahan ini terjadi bahkan dalam minggu-minggu pertama usia kehamilan. Berhentinya menstruasi atau haid adalah tanda yang jelas bahwa Anda sedang hamil.

Di trisemester kedua usia kehamilan, ibu akan merasakan pengalaman yang luar biasa dari kehamilan yaitu pergerakan bayi di dalam kandungan. Pergerakan janin dapat ibu rasakan di usia kehamilan antara minggu ke 16-20, akan tetapi waktunya berbeda untuk setiap wanita. Berikan reaksi positif terhadap gerakan janin dengan mengusap perut ibu dan berbicaralah dengan bayi ibu. Pemberian reaksi positif terhadap gerakan janin merupakan bentuk stimulasi sejak dini yang dapat ibu berikan kepada bayi sejak dini. Terus berikan stimulasi dengan sentuhan atau berbicara dengan bayi ibu lewat pembacaan cerita atau bernyanyi yang dikhususkan pada bayi.

Dan ketika usia kehamilan sudah memasuki trisemester ketiga, berat janin berkisar antara  1000 gram – 2000 gram pada usia 32 minggu. Proses pembentukan tulang sudah selesai, organ-organ penting seperti otak, jantung, sistem pencernaan sudah terbentuk sempurna, hanya paru-paru janin yang belum matang pada usia awal trisemester ketiga. Jika diperhatikan, pertumbuhan berat badan janin akan melonjak cepat pada trisemester ini, dengan rata-rata pertumbuhan berkisar 200 gram per minggunya. Pada usia kehamilan yang sudah menginjak 36 minggu, berat janin dianggap normal jika berkisar di atas 2500 gram, saat ini paru-paru janin sudah hampir bisa dipastikan matang. Kulit janin mulai berubah warna menjadi lebih terang dan berkerut. Dan pada saat ini si calon ibu sudah mulai mempersiapkan kelahiran sang buah hati.


Comments are closed.

Post Navigation