Perkembangan Janin Pada Kehamilan Trimester 1


kehamilan trimester 1Bagi wanita hamil, penting untuk mengetahui usia dan perkembangan janinnya pada setiap trimester kehamilan. Dalam sebuah proses kehamilan, terdapat tiga trisemester kehamilan, yakni trimester pertama, kedua, dan ketiga. Tentu saja, kehamilan trimester 1 merupakan tahap yang paling awal dari tiga trimester kehamilan. Tahap trimester pertama dihitung sejak terjadinya pembuahan, yakni saat bertemunya sperma dengan sel telur. Trimester pertama berakhir hingga minggu ke 12 kehamilan. Dalam trimester pertama terdapat tiga periode. Periode yang pertama adalah periode germinal yakni 0 minggu sampai 3 minggu. Pada periode ini pembuahan sel telur terjadi pada minggu ke 2 sejak hari pertama haid terakhir. Sel telur yang telah dibuahi kemudan menempel di dinding rahim.Kehamilan trimester 1 biasanya adalah masa masa dimana calon ibu mengalami mual saat hamil.

Periode yang kedua dalam kehamilan trimester 1 adalah periode embrio yang terjadi mulai dari minggu ke-3 hingga minggu ke-8. Dalam periode ini, organ-organ utama, struktur anatomi, dan sistem syaraf pusat mulai terbentuk. Mulut, lidah, dan mata sudah mulai terbentuk. Hati juga sudah mampu memproduksi sel darah. Selain itu, janin juga sudah berubah menjadi embrio yang berukuran 1.3 cm dan kepala yang besar.

Periode terakhir dalam masa kehamilan trimester 1 adalah periode fetus yakni minggu ke-9 sampai minggu ke-12. Pada tahap ini, organ-organ penting terus tumbuh denga pesat dan berkaitan. Selain itu pada tahap ini, aktivitas otak juga sangat tinggi.

Liburan

Comments are closed.

Post Navigation