Mengenal Proses Kehamilan Lebih Dalam

proses kehamilanProses kehamilan adalah saat bertemunya sel sperma dan sel telur sehingga terjadi pembuahan . Proses ini berlangsung selama 280 hari terhitung sejak hari pertama haid terakhir seorang ibu hamil. Sementara itu, usia janin itu sendiri adalah 38 minggu yang dihitung sejak waktu bertemunya sel telur dan sel sperma, yang terbentuk setelah dua minggu konsepsi. Proses kehamilan itu sendiri dibagi menjadi tiga tahap yang dikenal dengan trimester 1, 2 dan 3. Tahap ini dibuat sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan fisik janin. Trimester pertama dihitung sejak terjadinya pembuahan sampai semua organ utama, syaraf pusat, dan struktur anatomi terbentuk.

Setelah trimester pertama berakhir, pada trimester kedua, janin semakin berkembang dan sempurna. Setelah minggu ke-18 ibu hamil dapat memeriksa janinnya dengan USG untuk mengetahui kemungkinan bayi kembar, posisi plasenta, dan kesempurnaan janin. Pada proses kehamilan ini, indera pendengaran dan penglihatan janin sudah mulai berfungsi. Janin sudah mula terlihat sebagai sosok manusia yang memiliki panjang 30 cm.

Tahap kehamilan yang terakhir sering disebut juga dengan trimester ketiga yang mulai dihitung sejak minggu 24 sampai minggu ke-40. Pada proses kehamilan ini, semua organ sudah tumbuh sempurna. Bayi sudah menunjukkan aktivitas motorik seperti menendang dan memiliki saat-saat bagun dan tidur. Selain itu, posisi kepala bayi juga sudah berada di bawah panggul .Pada saat ini ibu hamil sudah harus mempersiapkan kelahiran sang bayi

 

 

Comments are closed.

Post Navigation