Sesak Nafas pada ibu Hamil


sesak nafas

Sesak nafas pada ibu hamil biasanya timbul pada trimester ke 3 kehamilan . Ini disebabkan oleh pertumbuhan janin yg semakin membesar .Otomatis rahim juga ikut membesar dengan posisi setinggi tulang dada sehingga  mengakibatkan
kapasitas rongga perut ibu hamil berkurang.Akibatnya paru paru dan diafragma pada pernafasan perutpun tidak bisa bebas bergerak naik turun. Alhasil sesak nafas pada ibu hamil akan di alami.

Untuk ibu yang bertubuh relatif kecil atau pertambahan berat badan termasuk normal pada saat hamil dan janin yang tidak terlalu besar kemungkinan resiko  mengalami sesak nafas pun kecil, bahkan bisa saja tidak mengalami sesak nafas sama sekali.Sebaliknya jika pertumbuhan berat badan naik pesat dan janin yg di kandung besar maka resiko sesak nafas pada ibu hamil akan besar

Mengurangi sesak nafas pada ibu hamil ada beberapa cara, antara lain dengan olahraga ringan secara teratur misalnya jalan kaki atau berenang.Olahraga melatih otot otot jantung untuk memompa darah dengan cepat .Carilah posisi yang nyaman pada saat tidur dengan cara meletakkan posisi bantal untuk menopang punggung. Intinya carilah posisi tidur senyaman mungkin.

Segera hubungi dokter jika sesak nafas pada ibu hamil bertambah serius antara lain gejala nafas tersengal sengal,bibir dan ujung jari berwarna kebiruan yg sering juga di sertai dengan gejala lain yaitu rasa nyeri pada dada disertai jantung berdebar. Sesak nafas seperti ini bisa merupakan ciri dari gejala penyakit jantung.

Comments are closed.

Post Navigation